Jumat, 29 Desember 2017



Kids jaman now
Oleh: Ine Dwi

Masa kanak-kanak merupakan masa paling menyenangkan. Seperti diketahui, anak-anak selalu identik dengan bermain, dan memang kebanyakan waktu dihabiskan untuk bermain. Banyak permainan yang bisa dilakukan oleh anak kecil,  dari tradisional maupun modern.
Dahulu di bawah tahun 2000, permainan yang dilakukan anak kecil hanya berupa alat tradisional yang bahannya dapat ditemukan di lingkungan sekitar. Peralatan tersebut biasanya berupa pelepah daun,  bambu, ataupun kayu yang bisa dirakit menjadi mainan.  Ada juga permainan yang mengandalkan kekompakan regu. Di masa ini bermain memiliki rasa kebersamaan dan mempererat pertemanan.
Namun berbeda dengan keadaan sekarang. Anak kecil jaman sekarang memiliki mainan yang lebih modern, yaitu gadget.  Kita memang tidak bisa menutup diri dengan perkembangan teknologi. Alat yang kian canggih perlahan menggeser permainan tradisional. Game online, game di handphone, playstation mulai digandrungi kids jaman now.  Permainan-permainan tersebut umumnya memiliki sifat untuk bersaing menjadi pemenang. Bahkan ada beberapa permainan yang secara tidak sadar mengajarkan perkelahian.
Kids jaman now juga mengenal sosial media. Anak kecil jaman dahulu jika ingin bermain harus datang memanggil temannya. Lain halnya dengan anak sekarang, mereka tinggal menyentuh layar ponsel maka percakapan bisa dilakukan walaupun berbeda tempat. Anak kecil sekarang lebih menyukai bermain sosmed dari pada bermain petak umpet atau benteng dan permainan tradisional lain.
Selain itu, anak jaman sekarang mengenal selfie, yaitu foto dengan gaya-gaya lucu. Selfie memang dibolehkan karena melatih anak untuk lebih percaya diri,  asalkan dengan takaran yang pas. Sebab jika selfie dilakukan berlebihan dikhawatirkan anak kecil akan tumbuh menjadi terlalu percaya diri atau lebay.
Youtube juga menjadi media hiburan bagi anak. Jika dahulu anak kecil menonton kartun lewat televisi, maka anak kecil jaman now menonton kartun lewat youtube. Di akun youtube ini terkadang banyak muncul iklan aneh atau akun yang tidak boleh dilihat anak.
Begitu banyak perbedaan yang tampak pada kids jaman now. Kebiasaan memegang gadget membuat sikap anak sedikit pasif. Anak hanya diberikan alat yang membuat anak asyik dengan dirinya sendiri dan kerap mengabaikan lingkungan sekitar. Padahal di masa kanak-kanak seharusnya mereka bermain dengan teman sebaya agar anak memiliki rasa kebersamaan yang menciptakan sikap gotong royong. Ke depannya diharapkan kids jaman now tetap mencintai permainan tradisional dan melestarikan permainan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar