Jumat, 29 Desember 2017



Alam Indonesiaku

            Lingkungan merupakan segala sesuatu yang di dalamnya terdapat beberapa ekosistem. Lingkungan dibedakan menjadi dua macam, lingkungan alam dan lingkungan buatan. Lingkungan alam adalah ciptaan Allah tanpa adanya campur tangan manusia, contohnya air, sungai, hutan, gunung. Sedangkan lingkungan buatan diciptakan dengan campur tangan manusia.
            Alam Indonesia sangat kaya, hutan Indonesia dikenal dengan hutan hujan tropis. Hasil hutan sebagai salah satu potensi sumber daya alam adalah kayu. Terdapat kurang lebih 4 ribu jenis kayu dengan 267 jenis kayu bernilai ekonomi. Potensi sumber daya hutan di Indonesia mencapai 99, 6 juta hektar.
            Namun pada saat ini, begitu banyak kerusakan hutan yang disebabkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Penebangan liar, ekspansi kelapa sawit. Akibatnya, daerah Sumatra dan Kalimantan terjadi kebakaran hutan. Menurut peneliti Harvard, bahwa hampir 100.000 orang meninggal akibat kabut asap yang kerap melanda Provinsi Sumatra dan Kalimantan. Bahkan, asap tersebut terbawa angina muson hingga mencapai Negara tetangga, yaitu Singapore dan Malaysia.
            Lalu bagaimanakah tindakan kita? Bagaimana nasib generasi penerus kita? Sudahkah kita menyelamatkan kelestarian hutan Indonesia? Ayo, selamatkan kekayaan alam Indonesia, karena menanam satu pohon menyelamatkan satu jiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar